Banyuwangi Today

Info Artikel Tentang Banyuwangi Tercinta

Nasi/Sego Tempong Khas Banyuwangi yang Pedas


Belum afdol kalau jalan-jalan ke suatu daerah, kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Rombongan Explore Indonesia pun menyantap nasi tempong yang khas dari Banyuwangi. Rasa sambalnya segar dan pedas, serta lauknya bikin ketagihan.

Di hari pertama Explore Indonesia: Tour Banyuwangi, Jumat (20/6/2014), 33 peserta menghabiskan santap malam di Warung Nasi Tempong Mbak Har yang berada di Jl Raya Benculuk. Lokasinya persis di pinggir jalan.

Ima Susilowati, salah satu pegawai di rumah makan tersebut menerangkan lebih dulu tentang nasi tempong. Nasi tempong adalah makanan khas Banyuwangi yang jadi incaran wisatawan dan favorit masyarakat setempat.

"Sebenarnya yang jadi ciri khas nasi tempong adalah sambalnya yang pedas dan segar, yang terdiri dari cabe, terasi dan gula. Satu lagi, bahan dasar lainnya adalah ranti yang berbentuk seperti tomat, tapi bukan tomat lho," katanya kepada detikTravel.

Para rombongan yang sudah keroncongan langsung mengambil piring dan mengambil lauk, yang modelnya prasmanan. Ada banyak lauk yang tersaji dan bikin ngiler, seperti ayam goreng, cumi, udang, perkedel, kentang balado, ayam bakar, kikil, berbagai macam sayuran dan masih banyak lagi.

"Ada juga pepes otak sapi dan pepes tawon," kata Ima.

Para rombongan pun enasaran dengan sambal yang katanya pedas dan segar. Sambalnya dibagi dua tempat yang pedas dan tidak pedas. Bagaimana rasa sambalnya?
Walau saya ambil yang tidak pedas, tapi tetap saja pedas banget. Pedasnya memang segar, enak," ujar Cindy.

Benar kata Cindy, saya pun mencoba mencicipi sambal yang pedas. Rasa pedas langsung berasa ketika sambal mengenai lidah. Berbarengan dengan itu, rasa segar dari cabai dan ranti yang seperti tomat juga terasa. Pedasnya bukan seperti sambal-sambal sachet, pedasnya benar-benar segar!

"Saya lebih suka lauknya yang beragam. Nasi tempong recommended-lah untuk dicoba saat liburan ke Banyuwangi," kata peserta lainnya. Sheila Margaretha.

Tak sedikit dari rombongan yang menambah nasi dan lauk. Kebanyakan dari mereka memang suka dengan lauknya yang beragam, jadi harus dicobain semuanya.

"Nambah ah, enak-enak lauknya." celetuk Wirawan yang sambil mengambil beberapa lauk ke piringnya.

Perut kenyang dan lidah bergoyang, semua peserta merasa puas dengan nasi tempong yang jadi makanan khas Banyuwangi ini. Jangan lupa mencobanya kalau Anda nanti traveling ke Banyuwangi ya!

Explore Indonesia: Tour Banyuwangi adalah program liburan detikTravel untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia. Program ini didukung oleh Garuda Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

sumber:travel.detik.com
Back To Top