Banyuwangi Today

Info Artikel Tentang Banyuwangi Tercinta

Banyuwangi Summer Kitesurf Camp akan digelar di Pulau Tabuhan

Banyuwangi - Satu lagi wisata olahraga minat khusus bakal digeber di Banyuwangi. Kota berjuluk "Sunrise Of Java" ini akan menggelar kegiatan kite surfing di Pulau Tabuhan, akhir pekan ini. Sungguh menantang adrenalin petualangan!

Banyuwangi Summer Kitesurf Camp akan digelar di Pulau Tabuhan, Sabtu-Minggu (9-10/8) mendatang. Olahraga yang mengandalkan kecepatan angin ini dinilai tepat menggunakan Pulau Tabuhan sebagai lokasi kite surfing.

"Pantai Bangsring dan Pulau Tabuhan untuk kite surfing ini good location, good sport karena angin yang seperti ini sangat sulit ditemui di dunia. Kecepatannya 20 knot dan itu bagus," ungkap Manager Bangsring Beach sekaligus panitia pelaksana kite surfing, Ivan Ismadi Putra saat konferensi pers di Aula Rempeg Pemkab Banyuwangi, Kamis (7/8/2014).

Saat ini kite surfing di Pulau Tabuhan ini, sambung Ivan, kegiatannya masih bersifat uji coba. Meski begitu panitia mengaku kewalahan menampung calon peserta yang ingin gabung di ajang seru olahraga air ini. Di ajang seru olahraga minat khusus ini, mayoritas peserta didominasi asal mancanegera, seperti Singapura, Jerman, Perancis dan Hawaii.

"Totalnya sudah mencapai 60 peserta. Tapi kami hanya membatasi 40 peserta saja, karena masih uji coba," imbuhnya.

Menurut Ivan, olahraga yang satu ini memang bisa dibilang lebih sulit dari surfing karena selain harus mengendalikan papan selancar, para kite surfer juga harus mengendalikan pergerakan layang-layang. Di Indonesia kite surfing belum banyak dijumpai, hanya di Pantai Sanur, Bali dan Lombok, NTT. Ia berharap ajang ini bisa promosikan Pulau Tabuhan sebagai lokasi kite surfing terpopuler dengan dukungan alam yang mumpuni.

"Pulau Tabuhan lebih bagus cuaca dan anginnya ketimbang Bali dan Lombok, ini potensi baru yang perlu digali," tuturnya.

Kegiatan kite surfing yang tergabung dalam gelaran Banyuwangi Festival 2014 ini terselenggara berkat kerjasama Pemkab Banyuwangi dengan pihak investor. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menambahkan, untuk ajang yang baru kali pertama di gelar di Pulau Tabuhan ini, seluruhnya dibiayai oleh Bangsring Beach selaku pelaksana. Sementara pihak Pemkab Banyuwangi berwenang selaku promotor kegiatan.

"Seluruh biaya ditanggung investor, kita hanya sebagai promotor acara dan publikasi. Dan ini hampir berlaku di semua kegiatan Banyuwangi Festival 2014," tandas Bupati Anas

sumber:detikcom
Back To Top